JAKARTA- Sosok Bjorka masih diburu, pemerintah belum bisa ungkap siapa sesungguhnya dibalik Bjorka yang telah mengacak-acak Indonesia lewat data.

Meski pemerintah lewat BIN, Polri dan Menko Polhukam Mahfud MD selalu mengatakan sudah bisa mengidentifikasikan sosok Bjorka, namun nyatanya Bjorka masih merajalela. Hingga kini pihak aparat belum juga bisa menangkapnya.

Sosok Bjorka yang kerap membocorkan data masih saja diburu. Belum jelas siapa sebenarnya orang di balik Bjorka itu.

Polisi telah mendalami informasi yang menyebut MSF (17), pria asal Cirebon, Jawa Barat, sebagai sosok dibalik Bjorka. Polisi belum menemukan fakta-fakta keterkaitan MSF dengan sosok Bjorka.

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota AKP Perida Apriani Sisera mengatakan belum ada laporan yang masuk ke polisi terkait MSF. Namun, polisi melakukan penyelidikan karena adanya tudingan ke MSF yang tersebar.

Di sisi lain Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan identitas Hacker Bjorka saat ini telah terindetifikasi. Namun, sosok Bjorka belum diumumkan.

“Kemudian, kita terus menyelidiki karena sampai saat ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh tim dan polisi. Tetapi belum bisa diumumkan,” ujar Menko Polhukam Mahfud Md, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, telah beredar kabar jika Hacker Bjorka merupakan warga Cirebon, Jawa Barat. Dari kabar yang beredar juga disebutkan jika nama asli dari Hacker Bjorka adalah Muhamad Said Fikriansyah, warga Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Menanggapi kabar yang beredar terkait dengan Hacker Bjorka, Muhamad Said Fikriansyah secara tegas membantah tuduhan jika dirinya adalah Bjorka.

“Kalau dituduh Bjorka, saya bukan Bjorka. Perlu diingat saya itu bukan Bjorka,” kata Muhamad Said Fikriansyah (17) dilansir detikJabar di kediamannya, Rabu (14/9/2022).

Sehari-harinya, Muhamad Said mengaku bekerja sebagai editor video. Untuk itu, ia sendiri mengaku heran dan sangat terganggu dengan adanya tuduhan tersebut.

“Jujur saya merasa terganggu banget (Dituduh Bjorka),” kata dia.

Awalnya tudingan itu datang dari akun instagram@volt_anonym yang menyebut Hacker Bjorka disebut memiliki nama asli Muhammad Said Fikriansyah. Sebelumnya akun itu menyebut bahwa Bjorka tidak benar-benar melakukan pencurian ratusan juta informasi pribadi.(SW)