JAKARTA – Bakal capres Ganjar Pranowo mengaku jika dirinya sudah kali ketiga menjalani tes kesehatan. Ganjar menyebut pemeriksaan kesehatan kontestan Pilpres 2024 tidak berbeda jauh dengan syarat saat ikut pilgub, meski tahapannya lebih banyak.

“Soal tes kesehatannya karena saya sudah kali ketiga saya,” kata Ganjar di Media Center TPN, Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023).

“Kalau waktu gubernur kan dua kali saya tes, karena ini capres, lebih banyak lagi tapi alhamdulillah lancar,” sambungnya.

Sementara itu, Mahfud Md mengatakan jika pemeriksaan kesehatan hari ini juga bukan yang pertama kali baginya. Dia mengaku tidak khawatir dengan pemeriksaan kesehatan ini.

“Saya sudah sering ikut tes kesehatan karena sebagai menteri kan 6 bulan sekali. Jadi sudah biasa, saya tidak deg-degan. Rasanya sih sama saja,” ucap Mahfud.

Mahfud berharap pemeriksaan kesehatan ini dapat memiliki hasil yang baik. Dia optimis dengan hasilnya.

“Kalau yang dulu-dulu jalannya seperti tadi itu hasilnya selalu baik. Sekarang ini sama dengan yang dulu hasilnya akan baik juga,” ujarnya.

Namun, Mahfud mengatakan ada hal yang lebih membuatnya khawatir dari pada tes kesehatan. Salah satunya, kata Mahfud, ialah terkait netralitas pemilu.

“Tetapi kalau soal tes kesehatan enggak deg-degan, tetapi bagaimana nanti kita menjaga netralitas pemilu dari aparat ini mungkin akan harus lebih serius dihadapi dan diantisipasi. Dan itu sudah kita persiapkan semuanya dari sekarang,” imbuhnya.(SW)