JAKARTA – PKB, Golkar dan PAN resmi mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang. Ketua DPP PAN Bima Arya mengatakan PAN bakal memprioritaskan nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bacawapres mendampingi Prabowo.

“Masih tetap (mengusulkan nama Erick Thohir), artinya prioritas pertama kita begitu,” ujar Bima kepada wartawan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Bima mengatakan PAN selalu mengusulkan nama Erick Thohir sebab kedekatan Erick dengan PAN. Terkait cawapres, Bima mengatakan hal itu masih akan dirundingkan bersama gabungan koalisi tersebut.

“Ya (mengusulkan Erick Thohir), PAN dalam posisi itu tentu karena kedekatan Pak ET dengan kami. Tapi seperti yang disampaikan ketum masalah wapres ini akan dibicarakan bersama-sama koalisi yang sudah terbentuk ini,” ungkapnya.

Menurutnya, koalisi tersebut akan menemukan kesepakatan nama Bacawapres. Perbincangan mengenai Bacawapres, kata Bima, nama tersebut sudah ada namun belum terbuka ke publik.

“Saya kira dari chemistrinya ini akan menemukan kesepakatan untuk cawapres. Ketika udah deklarasi, pasti udah ada pembicaraan itu, ada kesepakatan yang belum dibuka ke publik aja. Tidak mungkin masih ada persoalan gabung kan. Pernyataan dukungan masuk fase baru,” jelasnya.

Ditanyai nama yang sudah ada tapi tidak diumumkan, Bima mengatakan nama tersebut sudah mengerucut dan disadari semua partai.

“Kemungkinan seperti itu. Nama dudah mengkerucut, semua partai sudah sadari itu,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendeklarasikan dukungan ke Ketum Gerindra Prabowo Subianto hari ini. Dengan begitu, kedua partai tersebut pun menandatangani kerja sama politik dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Surat tersebut ditandangani oleh masing-masing ketum partai politik yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan. Penandatanganan itu dilakukan usai Golkar dan PAN menyatakan deklarasi mendukung Prabowo di Gedung Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.(SW)