JAKARTA – Bakal calon presiden (Bacapres), Prabowo Subianto menyampaikan komitmennya melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Prabowo mengatakan pembangunan IKN Nusantara wajib dituntaskan karena amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

“Pembangunan IKN kan sudah menjadi undang-undang, ya kita akan selesaikan,” tegas Prabowo kepada wartawan seusai acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, dilansir detikSulsel, Kamis (13/7/2023).

Dalam acara itu, Prabowo bersama dua bakal capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan, sempat memaparkan gagasannya kepada 88 wali kota se-Indonesia. Ganjar dan Anies sempat menyinggung isu pembangunan IKN, sementara Prabowo hanya bicara tekadnya meneruskan program pembangunan Presiden Jokowi.

“Strategi pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Pak Joko Widodo sudah benar dan saya bertekad, seandainya saya menerima mandat dari rakyat, saya akan teruskan strategi yang sudah benar ini,” tegas Prabowo.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengatakan pembangunan di Indonesia tak boleh terhenti di akhir masa jabatan presiden. Baginya, pembangunan yang sudah dikerjakan Presiden Joko Widodo harus dilanjutkan oleh penerusnya.

“Saudara-saudara sekalian, pembangunan bangsa bukan dilaksanakan per lima tahun, bukan dilaksanakan persepuluh tahun, nation building adalah per generasi,” tuturnya.(SW)