JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY serta Ketua Majelis Tinggi Partai Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY dalam waktu dekat ini.

Deputi Analisa Data dan Informasi DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution mengatakan persamuhan itu rencananya digelar dalam waktu dekat usai Prabowo kembali dari luar negeri.

“Rencana pertemuannya menurut info yang saya tahu, sepulang Pak Prabowo dari luar negeri,” kata Syahrial saat dihubungi, Rabu, 10 Mei 2023.

Syahrial menjelaskan, Demokrat menjalin silaturahmi yang baik dengan semua parpol. Misalnya, dengan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan mitra dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Selain itu, Syahrial menyebut hubungan baik ini diwujudkan dari berkunjungnya Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Dia menyebut silaturahmi antar parpol itu hal baik mengingat negara tidak bisa dikelola hanya oleh satu kelompok tertentu.

“Saling menghormati seluruh potensi anak bangsa. Sepaham bahwa negara ini tidak bisa diurus hanya oleh satu kelompok. Menghormati independensi partai politik. Dan bangsa ini menaungi beragam perbedaan yang ada,” kata dia.

Oleh sebab itu, Syahrial menilai parpol yang ingin menang sendiri dan eksklusif akan susah diajak musyawarah. Apalagi, jika parpol itu berprinsip winners takes all alias pemenang mengambil segalanya.

“Parpol yang eksklusif, mau menang sendiri, berprinsip the winner takes all akan sulit diajak musyawarah untuk kebaikan bangsa. Jangan-jangan ada beban ideologis yang sengaja dilindungi? Semua serba mungkin. Saatnya perubahan!” kata Syahrial.(SW)