JAKARTA – Pemerintah sangat hati-hati, dua bulan pilot Susi Air disandera KKB Papua. Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengklaim pilot Susi Air Philip Mark, yang disandera kelompok itu sejak awal Februari lalu, dalam kondisi baik.

“Pilot baik-baik saja,” kata Sebby, Sabtu (1/4).

Sebby mengatakan, hampir dua bulan disandera KKB (kelompok kriminal bersenjata), Philip beradaptasi dengan memakan apa yang dimakan oleh kelompok itu. “Disesuaikan keadaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen, mengatakan, aparat belum mendapat informasi terbaru soal kondisi Philip saat ini. Namun, upaya pencarian terus dilakukan.

“Belum ada info lagi (keadaan pilot),” ucapnya

Philip Mark Mahrtens disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Selain menyandera pilot, KKB juga membakar pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air.

KKB adalah sebutan aparat Indonesia terhadap milisi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri sebelummya mengatakan, berbagai cara sedang diupayakan agar pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu dibebaskan dalam keadaan selamat dan sehat.

Pencarian juga dilakukan dengan melibatkan masyarakat, khususnya di Kabupaten Nduga, dalam upaya pencarian dan pembebasan pilot tersebut.

“Kami masih berharap dapat melakukan negosiasi dengan kelompok yang melakukan penyanderaan, sehingga dapat dibebaskan tanpa gangguan berarti,” kata Fakhiri di Jayapura, Rabu (30/3) seperti dikutip dari Antara.(SW)