Sistem demokrasi material. Indonesia dikenal sebagai salah statu negara yang menganut sistem demokrasi. Sistem demokrasi di Indonesia ini mempunyai berbagai prinsip dan norma sebagai dasar negara.

Demokrasi di Indonesia juga menjadi indikator dalam perkembangan politik di semua negara.

Demokrasi Adalah

Apa itu demokrasi? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), demokrasi merupakan suatu gagasan atau pendangan hidup yang selalu mengutamakan antara hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi seluruh warga negaranya.

Jadi, demokrasi ini juga dianggap sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan juga untuk rakyat sendiri.

Sementara menurut Wikipedia, demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan yang mana semua warga negara mempunyai hak yang sama dalam pengambilan suatu keputusan yang dapat merubah hidupnya.

Dengan adanya ini membuat warga bisa ikut secara langsung atau bisa melaluo perwakilan dalam sebuah perumusan, pembuatan dan pengembangan hukum.

Ciri-Ciri Demokrasi

Suatu negara, dianggap telah menerapkan sistem demokrasi apa bila sudah memenuhi ciri-ciri sebagai berikut, yaitu:
1. Memiliki perwakilan rakyat.
2. Keputusan berlandaskan pad aspirasi dan kepentingan warga negara.
3. Menerapkan cri konstitusional.
4. Menyelenggarakan pemilihan umum.
5. Terdapat sistem kepartaian.

Sistem Demokrasi Material

Lantas, apa itu demokrasi material? Demokrasi material merupakan jenis demokrasi yang fokus pada prioritas, nilai material ataupun titik perhatian.

Demokrasi ini seringkali diterapkan di negara sosialis-komunis dengan memberikan hak yang sama di bidang sosial dan ekonomi kepada seluruh warganya.

Jadi, pemerintah dalam demokrasi material memiliki kekuasaan penuh untuk menggerakkan aspek perekonomian.

Hal ini ditunjukkan dari tanggung jawab pemerintah dalam menentukan sumber produksi seperti jenis barang apa yang akan diproduksi, jumlah produksi, ataupun harga produk.

Sektor perekonomian pada demokrasi material di bawah kekuasaan penuh pemerintah, sehingga pihak swasta dan individu merasa kesulitan dalam mengembangkan industrinya sendiri.

Pemerintah memberi kebebasan masyarakat untuk ikut berkontribusi dan terlibat secara langsung dalam memajukan perekonomian negara.

Jadi, pada demokrasi material ini masyarakat memiliki kelas yang sama yang berarti tidak ada perbedaan strata yang mencolok.

Penerapan sistem demokrasi ini menjadikan ekonomi negara terus mengalami pertumbuhan dan cenderung stabil.