JAKARTA- Presiden Jokowi lantik Azwar Anas jadi MenPAN-RB, rekam jejaknya bagus. Itulah kenapa Jokowi memilih Azwar Anas selain MenPAN-RB memang jatah PDIP.

Megawati Soekarnoputri merekomendasikan Azwar Anas kepada Presiden Jokowi. zwar Anas merupakan kader PDIP dan sempat menjabat kepala daerah.

Azwar Anas dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Istana Negara, Rabu (7/9/2022). Pelantikan ini juga disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Pelantikan Azwar Anas sebagai MenPAN-RB ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dipimpin Presiden Jokowi. Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan tersebut.

Presiden Jokowi membacakan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan Azwar Anas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Azwar Anas akan melanjutkan tugas Tjahjo Kumolo menjadi MenPAN-RB. Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli lalu.

Sebelum dilantik, Mendagri Tito Karnavian kemudian ditunjuk menjadi MenPAN-RB Ad Interim. Setelah status ad interim berakhir, kepala negara menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Plt MenPAN-RB. Masa jabatan Plt MenPAN-RB itu berlangsung sampai pejabat definitif dilantik.

Abdullah Azwar Anas kini telah resmi menjabat MenPAN-RB bagian dari daftar menteri Jokowi 2022 terbaru. Azwar Anas sebelumnya menjabat Kepala LKPP sejak Januari 2022.

Sebelum di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode (21 Oktober 2010-17 Februari 2021).

Berikut ini riwayat pendidikan yang ditempuh Azwar Anas, yakni:

Pada tahun 1992-1998 Azwar Anas menempuh pendidikan S1 IKIP Jakarta Fakultas Pendidikan
Pada tahun 1994-1999 dia juga menempuh pendidikan S1 di universitas Indonesia Fakultas Sastra
Pada tahun 2002-2005 dia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Sementara perjalanan karir Azwar Anas dalam dunia politik, yaitu:

Pada tahun 1997-1999 Azwar Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR
Pada tahun 2004-2009 dia kemudian menjadi anggota DPR
Pada tahun 2010-2021 Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode
Pada September 2022 Azwar Anas dilantik Presiden Jokowi menjadi MenPAN-RB baru.(SW)