www.katamerdeka.com – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Galaxy A16 5G, di pasar Eropa. Perangkat ini hadir sebagai penerus Galaxy A15 5G yang dirilis tahun lalu, dengan peningkatan dukungan pembaruan sistem operasi hingga enam generasi—lebih lama dari pendahulunya yang hanya mendapat empat generasi pembaruan. Saat ini, Galaxy A16 5G menjalankan Android 14, sehingga pengguna dipastikan akan mendapatkan dukungan hingga Android 20. Selain itu, Samsung juga menawarkan pembaruan keamanan hingga enam tahun ke depan.

Spesifikasi dan Fitur Galaxy A16 5G

Galaxy A16 5G hadir dengan layar Super AMOLED 6,7 inci beresolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di bagian atas layar terdapat modul “Infinity-U” yang memuat kamera selfie 13 MP. Pada bagian belakang, ponsel ini memiliki tiga kamera: kamera utama 50 MP, ultrawide 5 MP, dan macro 2 MP.

Pada aspek performa, perangkat ini ditenagai oleh chipset Exynos 1330 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan storage 128 GB. Pengguna juga dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1,5 TB menggunakan kartu microSD. Baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25 watt memastikan daya tahan ponsel ini dalam penggunaan sehari-hari.

Fitur lain yang dihadirkan termasuk pemindai sidik jari pada tombol power, sertifikasi ketahanan IP54 untuk perlindungan terhadap air dan debu, serta antarmuka OneUI 6.1 di atas Android 14. Di Eropa, Samsung Galaxy A16 5G tersedia dalam tiga warna: Midnight Blue, Turquoise, dan Gray, dengan harga 249 euro (sekitar Rp 4,3 juta).

Sementara itu, belum ada informasi mengenai ketersediaan Galaxy A16 5G di pasar Indonesia. Kita nantikan kabar selanjutnya dari Samsung mengenai peluncuran ini di tanah air.