katamerdeka.com — Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, di Kalimantan Timur, berkomitmen meningkatkan kualitas fisik dan pelayanan. General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab, mengungkapkan rencana tersebut kepada awak media.

“Kami sedang melakukan perapian dan perbaikan di berbagai area bandara. Ini termasuk overlay pada landasan pacu dan perbaikan menyeluruh di gedung terminal,” kata Syaugi. Peningkatan kualitas gedung terminal mencakup berbagai aspek, mulai dari penambahan 32 unit Fan Coil Unit (FCU), perbaikan garbarata, travelator, eskalator, dan toilet, serta penataan tenant-tenant ritel yang telah terkurasi dengan baik.

Syaugi juga menyampaikan bahwa di antara tenant-tenant tersebut terdapat mitra usaha yang telah lama beroperasi di bandara serta beberapa tenant baru seperti Marugame Udon dan Yoshinoya. Menariknya, Polda Kaltim turut berpartisipasi dengan mengajak UMKM binaan untuk menempati salah satu ruang ritel. “Kami terpaksa menolak banyak tenant baru karena keterbatasan ruang, dengan hanya satu ruang yang tersisa bekas Kimia Farma,” ungkap Syaugi.

Selain itu, ia memastikan bahwa proyek perpanjangan landasan pacu sepanjang 2.500 meter akan selesai sebelum Agustus 2025. “Desain landasan pacu sedang dalam tahap pematangan dan akan dibangun dengan konsep design and build,” tambah Syaugi.

Peningkatan fasilitas ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpang, tetapi juga mempersiapkan Bandara SAMS Sepinggan untuk menyambut peringatan kemerdekaan dengan infrastruktur yang memadai.