Apa itu gagal ginjal akut pada anak? Seperti yang kita tahu, kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak terutama untuk usia 6 bulan-18 tahun saat ini terjadi peningkatan.

Peningkatan ini terjadi dalam dua bulan terakhir, yaitu per tanggal 18 Oktober 2022 ada 189 kasus yang telah dilaporkan dan didominasi anak usia 1-5 tahun.

Gagal ginjal akut ini bisa terjadi secara cepat bahkan dapat membahayakan nyawa pengidapnya.

Gagal ginjal akut pada anak adalah suatu kondisi klinis saat ginjal mengalami kerusakan atau terjadinya penurunan fungsi.

Penyebab kondisi ini bisa dari berbagai penyebab, misalnya kekurangan cairan infeksi atau adanya kondisi sumbatan aliran keluar urine.

Nah, penyakit ini biasanya juga akan terjadi saat ginjal sudah tidak bisa lagi menyeimbangkan air serta elektrolit.

Penyakit gagal ginjal akut pada saat ini dikenal juga dengan istilah gangguan ginjal akut. Hal ini terjadi karena penyakit gagal ginjal tidak selalu mengalami adanya kegagalan.

Penyebab gagal ginjal akut terbagi menjadi tiga faktor, yaitu:

  1. Faktor prerenal, faktor yang menyebabkan perburukan fungsi ginjal, misalnya kondisi kekurangan cairan. Sehingga dapat menyebabkan aliran darah ke ginjal berkurang.
  2. Faktor renal, terjadi akibat adanya kerusakan pada ginjal dan beberapa gangguan.
  3. Faktor post renal, kondisi dimana ginjal bisa membentuk urine dengan cukup baik. Hanya saja, alirannya dalam saluran kemih menjadi terhambat.

Perlu diketahui, Diagnosis ginjal akut pada anak ini bisa diketahui dari keluaran urine.

Namun, anamnesis serta pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang lain juga diperlukan dalam melihat penyebab, progresivitas, faktor risiko maupun komplikasi yang timbul.

Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh adanya kelainan bawaan seperti kelainan kekurangan pembentukan jaringan ginjal disertai adanya sumbatan atau tanpa sumbatan.