Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau disingkat Kemendikbud merupakan salah satu organisasi induk dari Kabinet Indonesia. Saat ini, Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan digabung dengan Kementerian Riset dan Teknologi, sehingga disingkat menjadi Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Tugas utama dari kemendikbudristek ini adalah untuk menyelenggarakan urusan pemerintah utamanya pada bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia.

Sejarah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan TeknologiĀ 

Kementerian Pendidikan Indonesia sudah ada ketika awal kemerdekaan pada tahun 1945. Pada saat itu, nama kementerian pendidikan juga berubah-ubah, yaitu pernah memakai nama Departemen Pendidikan Nasional dan Kemdikbud.

Perlu diketahui, saat ini kementerian yang membidangi pendidikan dan kebudayaan juga menaungi bidang lain, yaitu bidang Riset dan Teknologi (Kemenristek). Berikut ini sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa dari masa ke masa yang kita kutip dari laman resmi Kemendikbud.

  1. Awal Kemerdekaan Tahun 1945-1950

Pada era Ki Hajar Dewantara yaitu pada kisaran tahun 1945-195o, kementerian yang menaungi pendidikan masih bernama sebagai kementerian pengajaran.

  1. Era Demokrasi Liberal Tahun 1951-1959

Tanggal 6 September 1950 berganti nama menajdi Kementerian Pengajaran Pendidikan da Kebudayaan atau disingkat PP dan K yang menunjuk Dr Bahder Johan sebagai menterinya.

  1. Era Demokrasi Terpimpin Tahun 1959-1966

Pada era ini, status kementerian kembali diubah enjadi menteri muda. Kementerian yang mengurus bidang pendidikan dbiagi menjadi tiga menteri muda.

  1. Era Orde Baru Tahun 1966-1998

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada orde baru tidak lagi dipimpin oleh tiga meneteri muda, tapi hanya satu menteri saja seperti sebelumnya. Kemendikbud pada era orde baru memunculkan beberapa kebijakan yang saat ini masih diterapkan. Contohnya seperti OSIS untuk siswa dan KKN untuk mahasiswa.

  1. Era Reformasi Tahun 1998-2011

Pada era ini, tepatnya pada tahun 2011 istilah departemen diganti menjadi kementerian dan tahun 2012 bidang pendidikan dena kebudayaan digabung kembali menjadi satu yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Setelah Era Tahun 2011 hingga Sekarang

Pada era ini, tidak ada perubahan nama, tetapi pada tahun 2021 Kementerian Riset dan Teknologi digabung menjadi satu ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penggabungan ini kemudian menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.