Beberapa tokoh pahlawan Indonesia ini ikut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Indonesia sudah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun setelah menyatakan kemerdekaannya, perjuangan Indonesia ternyata masih terus berlanjut. Hal ini dikarenakan, datangnya kembali tentara Belanda dan Inggris ke Indonesia untuk merebut dan menguasi Indonesia yang sudah merdeka.

Tetapi, tentara asing tersebut tidak bisa mewujudkan tujuannya. Hal ini karena Indonesia memiliki pejuang tangguh yang siap melakukan apapun untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini tiga tokoh yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang kita rangkum dari ruangguru.

  • Sultan Hamengkubuwono IX

Tokoh yang pertamya yaitu Sultan Hamengkubuwono IX ini lahir di Yogyakarta tanggal 12 April 1912. Dahulu belanda pernah menawarkannya menjadi Raja Jawa jika tidak bergabung dengan Republik Indonesia, namun Sultan Hamengkubuwono IX menolak dan pada tanggal 5 September 1945 menyatakan bahwa Kesultanan Yogyakarta menajdi bagian dari Republik Indonesia. Peran lain Sultan Hamengkubuwono IX dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah beliau merancang sebuah serangan terhadap penjajah, sehingga tanggal 1 Maret 1949 melalui serangan umum beliau dapat membuktikan bahwa Republik Indonesia masih ada.

  • Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo ini merupakan tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Papua. Frans Kaisiepo ini adalah salah satu orang yang selalu menegakkan eksistensinya untuk Republik Indonesia. Peran beliau ini adalah menentang Belanda yang ingin menggabungkan Papua dan Maluku. Frans Kaisiepo juga menjadi pemimpin pemberontakan rakyat Biak pada bulan Maret 1948 untuk melawan pemerintahan Hindia Belanda.

  • Jenderal TNI Gatot Soebroto

Jenderal TNI Gatot Soebroto ini lahir di Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 10 Oktober 1907. Jenderal Gatot Subroto ini dikenal sebagai tentara yang aktif. Pada awal kemerdekaan Indonesia, beliau menjadi tentara TKR dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.