Sudah banyak yang tahu kalau hewan purba ini adalah hewan yang mempunyai berbagai bentuk menyeramkan dan masuk dalam jenis hewan karnivora. Hewan purba ini hidup pada masa pra sejarah, seperti dinosaurus adalah hewan purba yang berukuran besar dan pernah menguasai bumi sekitar 230 juta tahun lalu.

Dahulu, ada saatnya ketika bumi dikuasi oleh hewan atau reptil yang berukuran besar hingga raksasa tetapi bukan manusia. Hewan atau reptil raksasa ini tidak hanya di darat saja, melainkan juga ada yang di laut dan ukurannya bisa melebihi yang ada di darat.

Berikut ini lima hewan purba yang ada di darat maupun di lautan dan di anggap sebagai hewan purba paling mengerikan di dunia.

  • Titanoboa

Pasti banyak yang mengira jika Anakonda adalah ular terbesar di dunia. Tapi kenyataanya tidak demikian, Titanoboa adalah hewan purba jenis ular yang paling besar sekaligus paling mengerikan dibandingkan Anakonda. Titanoboa ini memiliki ukuran mencapai 12,8 hingga 14,3 meter dan berat sebesar 1,25 ton. Hewan purba ini hidup sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Titanoboa dengan nama latin Titanoboa Cerrejonensis, dulu berhabitat di kawasan tropis dan juga berawa seperti di delta sungai Amazon. Titanoboa pertama kali ditemukan di pantai Karibia dengan panjang badannya sekitar 15 meter dan beratnya sekitar 1,135 kg.

  • Smilodon

Smilodon merupakan hewan purba yang pertama kali ditemukan di hutan Amerika Selatan, Utara hingga Tengah. Nama Smilodon ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya pisau dan gigi. Oleh karena itu, Smilodon juga sering disebut sebagai hewan purba kucing yang bertaring tajam.

Smilodon juga disebut sebagai hewan predator, karena menempati puncak rantai makanan. Sebutan predator pada hewan purba Smilodon ini berlangsung selama 42 juta tahun sebelum akhirnya Smilodon punah pada 10 ribu tahun yang lalu.

  • Mega Piranha

Hewan purba ini dikenal sebagai hewan yang berbahaya dan agresif karena bentuknya yang mengerikan. Mega Piranha memiliki berat hingga 1,4 kg dengan panjang rata-rata tubuhnya mencapai sekitar 15 sampai 20 cm. Hewan ini bisa ditemukan di Argentina pada 5 sampai 10 juta tahun yang lalu. Mega Piranha ini memang memiliki ukuran tubuh yang tidak besar, tapi hewan ini masuk dalam hewan dengan gigitan paling kuat.

  • Buaya Sarcosuchus

Seperti yang kita tahu, sampai saat ini buaya dikenal dengan hewan yang mengerikan dan ganas. Tetapi, buaya Sarcosuchus adalah spesies yang paling mengerikan pada zaman purba dahulu. Sarcosuchus memiliki berat hingga mencapai 10 ton, berat ini setara 10 kali lipat daripada buaya yang ada sampai sekarang. Panjang tubuh Sarcosuchus mencapai 12 meter.

  • Megalodon

Hewan purba yang paling menegrikan di dunia yang terkahir adalah Megalodon. Megalodon ini masuk dalam spesies ikan raksasa dengan panjang tubuhnya mencapai 18 meter. Jika disejajarkan, tubuh Megalodon sebanding dengan bus bertingkat.

Megalodon ini disebut sebagai ikan predator yang hidup di perairan pada 16 juta tahun yang lalu. Ikan raksasa ini bisa memangsa ikan-ikan besar lainnya seperti paus, hiu dan lumba-lumba. Bentuk gigi ikan Megalodon ini sangat besar, hal ini bisa dilihat dari fosil giginya yang ditemukan. Gigi Megalodon ini mencapai panjang hingga 18cm.