SAMARINDA – Setelah menuai hasil buruk di dua laga pembuka Liga 1, Persib Bandung kembali tersungkur di hantam Borneo FC di Samarinda. Persib tunduk di pekan ketiga Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (07/08/2022) WIB.

Persib yang berambisi untuk menang karena dua laga sebelumnya menuai hasil buruk mencoba bermain menyerang. Namun Borneo tak mau kalah. Mereka beberapa kali membalas serangan Persib. Pada laga ini Borneo bermain lebih taktis dan klinis.

Gol dari Borneo FC dihasilkan Fajar Fathur Rahman, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, dan Matheus Pato. Sementara gol Persib dicetak David da Silva.

Kemenangan ini membuat Borneo FC sekarang mengemas enam angka dari tiga laga dan mereka nangkring di posisi ketiga klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Sementara itu Persib baru mengoleksi satu angka saja dari jumlah laga yang sama dan kini ada di peringkat 17.

Sebelumnya, laga ini diakui penyerang Persib, David da Silva tidak akan mudah buat timnya. Namun, ia percaya Maung Bandung bisa mencuri tiga poin dari kandang Pesut Etam.

“Ya mungkin ini salah satu pertandingan tandang yang sulit di kompetisi,” ujar David da Silva, disadur dari laman klub, Sabtu (6/8).

“Tapi saya harus percaya diri. Saya juga percaya dengan teman-teman satu tim. Kami memiliki misi yang sama, yaitu untuk mendapatkan kemenangan,” katanya menambahkan.

Sayangnya Persib kalah lagi. Meski di awal babak pertama persib mampu unggul. Menit ke-delapan, Persib Bandung langsung bisa mencetak gol pembuka. David da Silva sukses menanduk bola ke gawang Barito Putera. Ia memanfaatkan umpan lemparan ke dalam dari Robi Darwis dari sisi kiri pertahanan Borneo FC. 0-1.

Menit ke-16 Borneo akhirnya bisa menyamakan skor. Mereka menyerang dari sayap kanan melalui Fajar Fahthur Rahman. Fajar sempat mengecoh satu bek Persib dan kemudian melepas tembakan keras dengan kaki kirinya dari ujung kotak penalti. Bola pun bersarang ke tiang jauh. 1-1.

Menit ke-22 Borneo bisa membalikkan Skor. Serangan tuan rumah masuk ke pertahanan Persib dari sisi kiri melalui Matheus Pato. Striker nomor 7 itu melepas tendangan datar ke tiang jauh tapi bola ditepis Teja. Tapi bola muntah kemudian disambar oleh Terens Puhiri. 2-1!

Di babak kedua, Persib Bandung mencoba mengganti strategi dengan memasukkan Febri Hariyadi. Namun sejak awal mereka justru tertekan oleh Borneo FC.

Bahkan pada menit ke-46, Borneo FC mengancam melalui aksi Fano Lilipaly. Ia mendapat peluang di dalam kotak penalti usai mendapat umpan terobosan dari halfspace kanan. Fano menusuk masuk ke tengah dan melepas tembakan kaki kiri ke pojok kiri bawah gawang Persib. Tapi bola masih bisa ditepis oleh Teja.

Menit ke-63, skor akhirnya berubah. Borneo FC kembali bisa menjebol gawang Persib. Teja melakukan kesalahan karena tak menghalau bola yang akan masuk ke kotak penalti dengan tepat. Bola sundulannya langsung disambar tendangan lob Llilpaly pada menit ke-64. 3-1

Usai unggul dua gol, Borneo FC tak lagi terlalu ngotot menambah koleksi golnya. Mereka menurunkan tempo permainan dan mendominasi penguasaan bola. Tapi menit ke-86, Borneo mencetak gol lagi. Pato mendapat umpan trivela dari Bustos dari sisi sayap kiri. Pato mengontrol bola dengan dadanya dan kemudian meski dalam posisi dijepit bek lawan, ia bisa melakukan tendangan salto. Bola bersarang ke sisi kanan gawang Teja. Gol ini pun jadi penutup laga tersebut. Persib keok 1-4.