Bos Besar Freeport Bertemu Jokowi dan Sri Mulyani, Ada Apa?

JAKARTA – Chairman & CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson telah selesai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Richard yang didampingi CFO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas melakukan pertemuan sekitar 40 menit.

Usai pertemuan, Tony Wenas menjelaskan dirinya, Richard dan Kathleen membahas soal perkembangan terkini dari situasi pertambangan dan hilirisasi.

“Jadi kami tadi saya bersama Richard Adkerson dan Kathleen L. Quirk bertemu pak presiden utk menyampaikan perkembangan terkini dari situasi pertambangan di upstream,” ungkap Tony Wenas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024).

Tony juga mengungkapkan pihaknya memaparkan soal progres pembangunan smelter Freeport di Gresik Jawa Timur.

“Terutama progres smelter yang mencapai lebih dari 92% dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada bulan Juni tahun ini dan nanti akan berproduksi penuh di tahun 2024 ini,” kata Tony.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga bertemu Chairman & CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson. Momen pertemuan diunggah Sri Mulyani di Instagramnya.

“Sore ini saya menerima kunjungan dari salah satu penggerak industri ekstraktif di Indonesia, @freeportindonesia. Tidak hanya @tonywenas, saya juga menerima kunjungan dari CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson, CFO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk, dan juga CFO Freeport Indonesia Rob Schroeder,” tulis Sri Mulyani di Instagram seperti dikutip, Rabu (27/3/2024).

Sri Mulyani mengatakan, pada pertemuan itu dirinya bertukar pikiran tentang banyak hal. Salah satunya, ialah kondisi perekonomian global.

“Kami bertukar pikiran tentang banyak hal. Mulai dari lansekap perekonomian global yang masih begitu volatil, konferensi energi terbesar Amerika Serikat yang dilaksanakan di Houston, hingga snapshot kondisi pasar tembaga di dunia kini,” ujar Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani juga mendapat kabar dari Richard jika masa jabatannya akan berakhir setelah 20 tahun menjabat. Richard akan digantikan oleh Kathleen yang saat ini menjabat sebagai CFO Freeport McMoran.

“Pada pertemuan ini saya juga menerima kabar bahwa Richard akan berakhir masa jabatannya sebagai CEO Freeport-McMoran setelah 20 tahun menjabat. Richard akan digantikan oleh Kathleen yang kini menjabat sebagai CFO Freeport-McMoran. Tidak lupa, saya sampaikan ucapan selamat kepada Kathleen atas penugasan barunya,” ujarnya.(SW)